Sikat gigi sama dengan bersiwak?

0
1664

Bersiwak memiliki banyak keutamaan, diantaranya sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan Ahmad dan Nasa’I, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

السواك مطهرة للفم ومرضاة للرب

“Bersiwak adalah kebersihan bagi mulut dan (mendatangkan) keridhaan Robb (Tuhan)”
Bahkan dikatakan pejelasan tentang keutaman siwak dan anjuran memakainya diriwayatkan lebih dari 100 hadist!!  (Lebih lanjut tentang siwak di: http://ukhuwahislamiah.com/siwak-sunnah-yang-banyak-dilupakan/)

Pertanyaan sekarang, apakah sikat gigi yang umum dipakai sekarang sama dengan siwak?  Sehingga orang yang menyikat giginya dengan sikat gigi yang umum dipakai maka mendapatkan keutamaan siwak?

 

Hal ini kembali kepada pertanyaan dasar, dalam suatu masalah ibadah al- ashl (yang pokok) adalah ta’abbud  (ibadah) atau ta’lil (adanya sebab)? Dalam masalah pensyariatan siwak ini,  kita melihatnya sebagai murni ta’abbud (ibadah) atau kita lihat illahnya (sebabnya) yaitu untuk membersihkan mulut?

 

Dari segi ta’abbud maka sikat gigi tidak sama dengan bersiwak sehingga tidak mendapatkan keutamaanya. Adapun dari segi illah (sebab) maka sikat gigi dapat menggantikan siwak yaitu untuk membersihkan mulut. Maka dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa sikat gigi dapat menggantikan siwak dari satu sisi, sedang dari sisi lainnya tidak. Maka yang lebih utama adalah menggabungkan antara bersiwak dan sikat gigi.

 

[Faedah dari Daurah “Fikih Nawazil dalam Thaharoh&Sholat” Syaikh Prof. Ali bin Ibrahim Al Qushair hafidzahullah, 25/8/1436H]