SEDEKAH SETELAH KELAHIRAN BAYI

0
26

Assalamualaikum ustadz

Bolehkah sedekah dengan uang yang diperoleh dari perhitungan berat rambut bayi di hari ke-7 kelahiran, disedakah kan dalam bentuk makanan?

Jawab:

Wa’alaikumsalam. Disunnahkan mengakihahi (menyembelih kambing) jika dikaruniai anak. Termasuk juga disunnahkan bersedekah dengan perak atau senilai perak dari berat rambut bayi yang dilahirkan berdasarkan beberapa hadits dari Rasulullah. Sebagian ulama’ melemahkan hadits terkait bersedekah ini. Namun, banyak pula ulama’ yang menyatakan haditsnya diterima dan juga menganjurkan untuk bersedekah. Diatara hadits dalam hal ini adalah hadits:  

عق رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الحسن بشاة، وقال: يا فاطمة احلقي رأسه وتصدقي بزنة شعره فضة

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengakikahi Hasan dengan kambing, dan beliau kemudian berkata: wahai Fatimah, cukur rambutnya, dan bersedekahlah dengan perak seberat rambut itu.”

Fatimah pun menimbang rambut itu, dan ternyata beratnya sekitar satu dirham atau kurang dari satu dirham. (HR. Tirmudzi 1519, Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf 24234, dishahihkan al-Hakim dalam Mustadrak 7589 dan didiamkan azd-Dzahabi).

Pada asalnya bersedekah dengan perak sebagaimana disebutkan dalam hadits. Namun jika kesulitan bisa juga diganti dengan senilai perak, misal diberikan dalam bentuk uang atau makanan. Allahu A’lam. (Dr. Abu Zakariya Sutrisno)

📲 Tanya Jawab Group WA Hubbul Khoir (085771226506)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here