Pendaftaran Beasiswa KSU [dimulai 14Muharram1435/17Nov’13]

33
1986

Bismillah.

Kabar gembira bagi yang ingin melanjutkan study di King Saud University (KSU) bahwa pendaftaran program pascasarjana (beasiswa) akan dimulai tanggal 14 Muharram 1435 (17 November 2013).

Sumber berita: http://ksu.edu.sa/sites/KSUArabic/Deanships/Grad/DGSNews/Pages/p23-10-2013.aspx (dalam bahasa Arab)

Portal pendaftaran dan info lebih lanjut bisa diihat di: www.dgs.ksu.edu.sa 

Berikut ini tulisan singkat di blog pribadi saya “Seputar Kuliah di KSU”:

Berangkat dari banyaknya pertanyaan yang saya terima seputar KSU (King Saud University) baik lewat email, FB, WA atau sms dan pertanyaan tersebut kebanyakan berulang/mirip maka kali ini saya mencoba menulis sekilas tentang KSU.  Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi yang membutuhkan. Setidaknya bermanfaat bagi diri saya sendiri, jika ada yang bertanya tinggal cantumkan link tulisan ini : -)

Sekilas Tentang KSU

KSU adalah universitas negeri yang berada di kota Riyadh, ibu kota Saudia Arabia. KSU didirikan tahun 1957. KSU adalah salah satu universitas yang menonjol di Saudi Arabia, terutama untuk bidang non-agama (untuk bidang agama yang menonjol adalahUnv. Imam Su’ud dan Unv Islam Madinah). Kalau dilihat dari peringkat ARWUThe- QS World University Rankings, danwebomatric KSU menduduki urutaran pertama di negara-negara Arab. Info lebih lanjut tentang KSU bisa dilihat di website resmi:www.ksu.edu.sa.

Perkuliahan

Untuk jurusan umum (non-agama) perkuliahan disampaikan dalam bahasa ingris (jadi tidak perlu kuatir jika belum menguasai bahasa Arab). Kebanyakan dosen lulusan USA, Kanada atau UK. Mahasiswa S2&S3 sebelum melakukan riset untuk thesis/disertasi diwajibkan menyelesaikan beberapa matakuliah (ini yang kadang bikin lama). Rata2 mahasiswa S2 lulus 3-3.5 thn (kalau menurut academic plan harusnya 2.5 thn, tetapi kenyataan tidak banyak yang selesai dalam durasi tersebut. Alhamdulillah saya bisa tepat waktu), sedang S3 4.5-5thn.

Beasiswa dan Biaya Hidup

Seperti seluruh universitas di negeri di Saudi Arabia, mahasiswa sama sekali tidak dibebani biaya kuliah (alias gratis) dan mendapat uang bulanan. Uang bulanan sekitar 900 SAR (sekitar 2.5 juta rupiah). Apakah uang segitu cukup untuk biaya hidup? Jawabanya insyaAllah sangat cukup karena selain telah disediakan asrama gratis  kita juga mendapat subsidi makan di kantin kampus. Sekali makan paling 2 SAR untuk siang dan malam, sedang pagi 1 SAR(katakan kita makan 3x sehari selama 1 bln maka 5×30=150 SAR).

Jika statusnya selain sebagai mahasiswa juga sebagai Reseacher A (S3) atau Researcher B (S3) maka akan dapat tambahan gaji. Gaji researcher A sekitar 2000, sedang researcher B 1000 (gaji ini tidak termasuk beasiswa diatas). Jika beruntung ikut proyek dosen bisa dapat tambahan gaji riset.Foto 0184

Fasilitas

– Asrama gratis (masing-masing kamar lengkap dengan kulkas, AC, jaringan internet, dll). Di lingkungan asrama juga disediakan klinik kesehatan gratis, mesin atm, supermarket, tempat jahit, tempat potong rambut, dll. Lingkungan asrama cukup aman (disetiap gerbang ada petugas keamanan), bersih dan rapi (banyak petugas kebersihan).

– Jaringan internet/wi-fi hampir diseluruh area kampus. Untuk kecepatannya tidak usah diragukan.

– Perpustakaan yang cukup lengkap (buku-buku bahasa Arab maupun Ingris), 6 lantai, terbesar di Saudi Arabia, buka sampai malam, banyak tersedia komputer untuk akses internet, akses journal internasional gratis (Nature, Elsevier/Sciencedirect, IEEE, dll).

– Untuk riset, banyak sekali research center. Biasanya mahasiswa gabung ke research center untuk melakukan penelitian. Sebagian mahasiswa ikut penelitian dosen (banyak dosen yang memiliki funded riset). Tetapi terbatasnya SDM kandang kala menjadi permasalahan tersendiri.

– Fasilitas olah raga yang lengkap: futsall, tennis, renang, dll

– Pada jam aktif di area kampus disediakan transportrasi (bus) gratis. Tetapi biasanya kita tidak menggunakannya, cukup dengan jalan kaki.

– Terdapat kantin yang bersubsidi bagi mahasiswa sehingga sangat murah. Sebagian teman sesekali masak di asrama (ada dapur didekat tiap kamar).

Cara Daftar

–          Informasi dan pendaftaran untuk pasca sarjana:http://dgs.ksu.edu.sa/ (Biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Nov/Des)

–          Informasi dan pendaftaran untuk pendidikan bahasa Arab (ma’had Lughah, tadrib mu’allimin):http://ali.ksu.edu.sa/register/arreg.htm

Keuntungan Lain

Keuntungan lain kuliah di KSU (atau di Arab Saudi secara umum) adalah dapat menunaikan ibadah haji dan umroh. Jika mau Anda dapat menunaikan ibadah umroh tiap bulan (atau tiap minggu jika kuat!).  Anda juga akan mendapatkan jatah libur musim panas tiap tahun (sepanjang 2 bulan)+ tiket PP ke tanah air. Jika Anda memiliki semangat untuk menimba ilmu agama maka Alhamdulillah banyak sekali majelis ilmu ulama-ulama besar di Riyadh (tentu harus punya modal bahasa Arab).

Kendala/Kekurangan

Agar lebih objektif saya sebutkan juga sisi negatifnya. Salah satu kendala/kekurangan kuliah di KSU (atau di Saudi Arabia secara umum) adalah urusan administrasi/biokrasi yang lambat. Sebagian staff administrasi hanya bisa berkomunikasi dalam bahasa Arab ( Untuk itu hendaknya berusaha membekali diri dengan bahasa Arab dasar).

Komunitas Mahasiswa Indonesia

Jumlah mahasiswa Indonesia di KSU sekitar 70-an (tahun 2013). Komposisinya beragam, mulai dari peserta persiapan bahasa/ma’had lughah (sebelum S1) sampai mahasiswa S3. Kita memiliki komunitas yang disebut KAMISA (Keluarga Mahasiswa Indonesia KSU). Biasanya KAMISA mengadakan pertemuan rutin tiap 2 pekan yang diisi acara makan-makan, tausiah, pemaparan ilmiah dan juga perkenalan jika ada mahasiswa baru. Selain Kamisa ada juga organisasi PPMI (Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia) Riyadh.

[Tulisan ini akan diupdate insyaAllah]

Sutrisno W. Ibrahim

Riyadh, 18 Dzulhijjah 1434 (23 Oktober 2013).

Tambahan info: