Pandai Urusan Dunia Tetapi ‘Nol Besar’ Urusan Akhirat

0
2031

Segala puji bagi Allah. shalawat dan salam atas Rasulullah.

Kita menyaksikan pada zaman ini begitu banyak manusia yang cerdas dalam urusan dunia, namun ‘nol besar’ dalam urusan agama atau akhirat. Banyak yang gelarnya Doktor bahkan Professor dalam urusan dunia, tapi tidak tahu sedikitpun masalah agama baik masalah tauhid, ibadah, dan lainnya. Allah Berfiman,

يَعْلَمُونَ ظَاهِراً مِّنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ الْآخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ 

Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai. (QS Al Ruum: 7)

Berkata Syaikh Sa’dy dalam tafsirnya dalam menafsirkan ayat diatas, diantaranya beliau mengatakan:

Sungguh sangat aneh bahwa ada sebagian golongan dari manusia telah sampai kebanyakan dari mereka kepandaian dan kecerdasan dalam masalah dunia hingga hal-hal yang membuat bingung (atau sulit dicerna) akal dan pikiran. Mereka menyingkap hal-hal yang luar biasa dalam masalah atom, kelistrikan, kendaraan darat, kendaraan laut maupun udara. Betapa mereka unggul pada hal tersebut dan melebihi (yang lain). Mereka takjub dengan akal mereka (sendiri) dan melihat yang lainnya lemah dengan apa yang telah Allah berikan pada mereka. Mereka melihat orang lain dengan pandangan meremehkan dan merendahkan. BERSAMAAN DENGAN ITU MEREKA ADALAH SEBODOH-BODOHNYA MANUSIA DALAM URUSAN AGAMANYA. Mereka lalai dari akhirat dan paling sedikit memahami balasan di akhirat. Sungguh orang-orang yang memiliki basiroh (ilmu) melihat mereka telah terombang-abing dalam kebodohan, kesesesatan, dan kebatilan. Mereka melupakan Allah, Allah pun melupakan mereka. Mereka adalah orang-orang yang fasik”.

Semoga Allah menganugerahkan kita ilmu yang bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat. Amien.

 

SHARE
Previous articleAdab Buang Hajat
Next articleSabar&Yakin
Beliau saat ini adalah kandidat Doktor sekaligus peneliti di King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Beliau juga belajar kepada beberapa ulama’ diantaranya Syaikh Dr. Saleh Fauzan dan Dr Sa’ad Syistry. Selain itu beliau juga merintis Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir di Sukoharjo (Solo) Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here