OJO ADIGANG ADIGUNG ADIGUNA

0
736

Wabah virus corona (COVID-19) terus menyebar, manusia dari seluruh penduduk dunia pun kewalahan menghadapinya. Ratusan ribu telah terinfeksi dan ribuan yang telah meninggal dunia. Virus adalah makhluq Allah yang “super kecil”, lebih kecil dari bakteri. Tetapi ternyata bisa menimbulkan dampak yang begitu luar biasa. Manusia dengan segala kemajuan teknologi dan kecerdasannya ternyata tidak banyak yang bisa dilakukan untuk menghadapinya.

 

Ini menyadarkan kepada kita bahwa manusia itu sejatinya lemah (QS An Nisa: 28). Maka jangan sampai kita sombong dan hanya bersandar dengan kekuatan yang kita miliki. Mari kita bersandar pada Allah, Dzat yang Maha Besar dan Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dialah yang mentaqdirkan segala sesuatu terjadi.

 

Kalau dalam peribahasa Jawa ada istilah “Ojo Adigang, adigung, adiguna” yang artinya kurang lebih “jangan sombong mengandalkan kekuatan, kekuasaan, dan kepandaian yang dimiliki”.  Sehebat apapun manusia, dia pasti punya kelemahan-kelemahan.   Jangan sampai kita sombong dan apalagi malah berani menentang Allah!! Allah Maha Mampu menhinakan orang-orang yang sombong dengan “hal-hal yang kecil”. Dulu, Abrahah yang sombong dengan tentara bergajahnya untuk menghancurkan Ka’bah dimusnahkan Allah dengan mengutus “burung mungil”, burung Ababil (QS Al Fiil: 3). Fir’aun yang sombong dengan kekuasaan dan tentaranya teryata tidak berdaya juga Ketika Allah turunkan adzab berupa kutu, belalang dan “hewan kecil” lainnya (QS Al A’raf: 133). Ini sebagai bentuk penghinaan atas kesombongan mereka.

 

Semoga Allah selalu mudahkan kita mengambil ibroh dan pelajaran dari segala yang terjadi. Amien.  (Dr. Abu Zakariya Sutrisno, 13/3/2020).