Muslim: Berpenampilan Kumal atau Necis?

0
916

Sebagian orang mungkin menyangka bahwa ketaqwaan dan kezuhudan salah satunya ditunjukkan dengan penampilan lusuh atau kumal. Begitu sebaliknya, orang yang berpenampilan ‘rapi’ atau ‘necis’ bukanlah seorang yang zuhud atau tingkat ketaqwaannya kurang. Benarkan demikian? Mari kita renungkan hadits berikut…

Bunyi hadits:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ كَانَ لَهُ شَعْرٌ فَلْيُكْرِمْهُ»

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang memiliki rambut (kepala) hendaknya ia memuliakannya”

[Sunan Abi Dawud, hadits nomor 4163. Syaikh Albani mengatakan hadits ini hasan shahih]

Perawi:

Perawi hadits ini adalah Abu Hurairah, Abdurrahman bin Shakhr Al Dausi Al Yamani. Seorang periwayat hadits terkenal dalam Islam. Dia adalah sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadist (sebanyak 5374 hadits). Masuk Islam pada tahun 7 H saat penaklukan Yahudi Khaibar. Diberi kunyah (panggilan) ‘Abu Hurairah’ karena ia suka bermain-main dengan kucing betina. Beliau meninggal di Madinah tahun 57 H.

Faedah yang dapat dipetik dari hadits:

  1. Islam adalah agama keindahan
  2. Hadits ini menganjurkan kita untuk memperhatikan penampilan luar yang indah yaitu dengan menjaga rambut dan lainnya. Tentunya hal ini harus disertai dengan keindahan bathin juga.
  3. Tampilan lusuh bukan gambaran taqwa dan zuhud.

Disadur dari Mukhtarot minas Sunnah karya Dr. Muhammad Murtadha bin ‘Aisy dengan sedikit penambahan dan pengurangan. Abu Zakariya Sutrisno [Riyadh, 29/3/2013]

SHARE
Previous articleFaedah Hadits: Setiap Amal Tergantung Niatnya
Next articleMakan sambil bersandar
Beliau saat ini adalah kandidat Doktor sekaligus peneliti di King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Beliau juga belajar kepada beberapa ulama’ diantaranya Syaikh Dr. Saleh Fauzan dan Dr Sa’ad Syistry. Selain itu beliau juga merintis Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir di Sukoharjo (Solo) Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here