KUMPULAN DO’A DARI AS SUNNAH

0
778

Sebaik do’a adalah doa yang Allah sebutkan dalam Al Qur’an dan Assunnah. Setelah sebelumnya disampaikan do’a-do’a dari Al Qur’an, maka berikut ini diantara do’a yang diriwayatkan dalam As Sunnah:

 

  1. Doa berlindung dari kemalasan dan lainnya

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ، وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ، وَالْهَرَمِ، والْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

“Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, pikun, dan dari sifat kikir. Aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan dari fitnah kehidupan serta kematian.”(HR. Bukhari 2823 dan Muslim 2706)

  1. Doa agar diperbaiki urusan agama, dunia dan lainnya

 

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي، وَأَصْلِحْ لِيدُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرّ

“Ya Allah! Perbaikilah bagiku agamaku karena dia adalah ishmah (benteng) urusanku; perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku; perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku! Jadikanlah ya Allah kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejahatan.”(HR. Muslim 2720)

 

  1. Do’a minta ketaqwaan dan lainnya

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى، وَالتُّقَى، وَالْعَفَافَ، وَالْغِنَى

 

“Ya Allah! Aku memohon (dari)Mu petunjuk, ketaqwaan, iffah (keterjagaan) dan kecukupan.”(HR. Muslim 2721)

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ، وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ، وَالْبُخْلِ، وَالْهَرَمِ، وَعَذَابِ الْقَبْرِ، اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

“Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, kikir, pikun dan adzab kubur. Ya Allah! Berilah jiwaku ketaqwaan, sucikanlah dia, Engkau sebaik-baik yang mensucikan. Engkaulah pelindung dan penguasanya. Ya Allah! Saya berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak takut, dari jiwa yang tidak kenyang dan dari do’a yang tidak dikabulkan baginya.”(HR. Muslim 2722)

 

  1. Doa mohon petunjuk dan keteguhan

 

اللَّهُمَّ اهْدِنِي وَسَدِّدْنِي، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالسَّدَادَ

“Ya Allah! Tunjuki dan teguhkanlah diriku. Ya Allah! Aku memohon petunjuk dan keteguhan.”(HR. Muslim 2725)

 

 

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ القُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

“Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkan hatiku kepada ketaatan pada-Mu.”(HR. Muslim 2654)

 

  1. Doa mohon ditetapkan nikmat dan kesehatan

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

“Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, berubahnya kesehatan (dari)Mu, mendadaknya siksa-Mu, dan dari segala kemarahan-Mu.”(HR. Muslim 2739)

 

  1. Doa minta ampunan dari Allah

 

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

“Ya Allah! Engkau Dzat yang Maha Pemaaf dan Mulia, yang mensukai maaf, maka maafkan aku.”(HR. Tirmidzi 3513, dishahihkan Albani)

 

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا، وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ.فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Ya Allah, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri, suatu penganiayaan yang banyak, Dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Engkau. Berikanlah kepadaku ampunan dari sisi-Mu dan kasihanilah aku, karena sesungguhnya Engkau adalah Zat Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih.”(HR. Bukhari 834 dan Muslim 2705)

 

  1. Doa minta ilmu yang bermanfaat dan lainnya

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Ya Allah! Aku memoho dariMu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.”(HR. Ibnu Majah 925, dishahihkan Albani)

 

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ، ومِنْ َدُعَاءٍ لاَ يُسْمَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ، وَمِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ هُؤُلاَءِ الأَرْبَعِ

“Ya Allah! Aku berlindung dari hati yang tidak taku, do’a yang tidak didengar, jiwa yang tidak puas, ilmu yang tidak bermanfaat, aku berlindung dari empat hal ini.”(HR.  TIrmidzi 3482, Abu Dawud 1549, dishahihkan Albani)

 

 

Maraji’: Ad-du’a minal kitabi wassunnah

Abu Zakariya Sutrisno. Riyadh, 17/12/1438H.

Artikel: ukhuwahislamiah.com

Silahkan dishare! Semoga bermanfaat.