Hukum Mendatangi Tukang Ramal atau Dukun

0
1998

Tidak boleh seseorang datang kepada dukun dan sejenisnya yang mengklaim bahwa dirinya mengetahui hal-hal yang ghaib. Tidak dibenarkan juga mempercayai dan melakukan apa yang mereka sampaikan. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan dalam berbagai haditsnya tentang larangan mendatangi dukun dan semisalnya. Sebagaimana riwayat berikut:

مَنْ أَتَى عَرَّافاً فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ لَمْ تُقبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً
“Barang siapa mendatangi tukang ramal dan menanyakan sesuatu kepadanya, tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh hari.” (HR Muslim)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda,” Barang siapa yang mendatangi (dukun) dan membenarkan apa yang ia katakan maka sungguh telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad.” (HR Abu Dawud)

Hadits-hadits mulia ini menunjukkan larangan mendatangi tukang ramal, dukun dan sejenisnya, larangan bertanya kepada mereka tentang hal-hal yang ghaib, larangan mempercayai dan membenarkan apa yang mereka katakan dan ancaman bagi mereka yang melakukannya.

Bagaimana Berobat dengan Sihir?
Berobat dibolehkan menurut kesepakatan para ulama. Seorang muslim hendaklah berusaha mendatangi dokter yang ahli sebagai bentuk ikhtiar mencari kesembuhan.Hal ini tidak bertentangan dengan ajaran tawakkal kepada Allah dalam Islam karena Allah ta`ala telah menurunkan penyakit dan menurunkan pula obatnya. Akan tetapi Allah ta`ala tidak menjadikan penyembuhannya dari sesuatu yang diharamkan. Oleh karena itu, tidak dibenarkan bagi orang yang sakit mendatangi dukun untuk mengetahui penyakit yang dideritanya atau mencari kesembuhan dengan pertolongan mereka. Termasuk juga orang yang terkena sihir tidak boleh berobat dengan sihir. Mengobati sihir hendaknya dengan cara yang benarkan syariat seperti dengan membaca dzikir atau ruqyah. Allahu A’lam.

| Web:Ukhuwahislamiah.com | FB:Ukhuwah Islamiah | Twitter:@ukhuwah_islamia |

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here