BAGAIMANA AGAR TENANG DALAM IBADAH?

0
742

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh ust, ijin bertanya ketika sholat , ibadah, dan belajar saya susah untuk merasa tenang saya selalu memikirkan hal lain ketika sholat jadi saya tdk bisa khusyu begitu pula dengan belajar saya susah mencari ketenangan yang ada hanya gelisah sehingga pelajaran sulit untuk masuk apakah yang harus saya  lakukan agar saya bisa mendapat ketenangan? Apakah itu pengaruh jin ustad? Lalau bagaimana cara mengatasinya? Syukron

Jawab:

Wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.

Pertama kira harus memahami bahwa tidak tenang/tidak kyusuk dalam ibadah (sholat) atau aktifitas lainnya bisa disebabkan karena beberapa hal. Diantaranya sedang banyak pikiran, sedang lemah iman atau diganggu dan diberi waswas oleh setan. Kita harus berusaha menghilangkan sebab-sebab ini yaitu dengan terus berusaha berkonsentrasi dalam ibadah atau kegiatan itu, berusaha kuatkan iman dan berusaha lawan godaan setan. Mungkin berat awalnya, tetapi hendaknya terus berusaha insyaallah Allah memberi kemudahan.

Selain itu, perbanyak doa kepada Allah agar diberi kemudahan agar mampu beribadah dan melakukan yang terbaik dalam setiap amal kita. Diantaranya bisa dengan membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ ، وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

ALLOOHUMMA A’INNII ‘ALAA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI ‘IBAADATIK (Ya Allah, tolonglah aku dalam berdzikir, bersyukur, dan beribadah yang baik kepadaMu).’” (HR. Abu Daud no. 1522)

Perbanyak baca do’a diatas, terutama di penghujung sholat. Allahu A’lam. (Dr. Abu Zakariya Sutrisno)

Tanya Jawab Group WA Ukhuwahislamiah.com