TEMPAT SHOLAT SUNNAH YANG UTAMA

0
193

Assallamuallaikum.. Mu tanya ustad..sebaik baik sholat sunah itu di rumah..klo tarweh gmn?

Jawab:
Wa’alaikumsalam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِي بُيُوتِكُمْ، فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ المَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا المَكْتُوبَةَ

“Wahai umat manusia, shalatlah kalian di rumah kalian. Karena sebaik-baik shalat seseorang adalah shalat yang dilakukan di rumahnya, kecuali shalat wajib.” (HR. Bukhari 731 dan Muslim 781).

Hadits ini menunjukkan dengan jelas bahwa pada asalnya sholat sunnah itu afdholnya (lebih utama) dikerjakan di rumah seperti sholat sunnah rawatib, sholat malam, sholat dhuha dan lainnya.

Hanya saja ada beberapa sholat sunnah yang disyariatkan dikerjakan di masjid seperti sholat gerhana, sholat tahiyatul masjid dan lainnya. Ada juga yg disunnahkan dikerjakan di tanah lapang seperti sholat Ied. Sholat taraweh boleh dikerjakan di rumah atau di masjid. Dulu Rasulullah beberapa kali mengimami para sahabat sholat di taraweh di masjid kemudian beliau tidak lakukan lagi karena takut diwajibkan. Para sahabat juga kemudian mengerjakan sholat taraweh secara berjamaah di masjid, dan kaum muslimin pun mengikuti sampai hari ini. Hendaknya kita meneladani apa yang dikerjakan salafush salih, yaitu sholat taraweh berjamaah di masjid, meskipun tidak mengapa pula sholat di rumah. Allahu A’lam.

Tanya jawab Group WA Ukhuwahislamiah.com