Ramadhan #23: : Lailatul qadar

0
33

Lailatul qadar adalah malam yang begitu mulia. Disebut malam lailatul qadar karena pada malam itu ditetapkan qadar atau takdir. Ada yang mengatakan pula karena al qadr (kemuliaan) malam itu dimana amalan dikadarkan atau dilipatgandakan pahalanya.

Keutamaan Lailatul Qadar

Lailatul qadar memiliki kutamaan yang begitu banyak, diantaranya:

  • Di malam itu diturunkan al Qur’an
  • Malam itu lebih baik dari 1000 bulan
  • Malam itu Allah menetapkan taqdir (untuk tahun itu)
  • Malam itu penuh dengan keselamatan dan kesejahteraan

Hal ini sebagaimana Allah sampaikan dalam surat al Qadr. Allah berfirman,

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْر . وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ . لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ.

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ. سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

(1)Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan).(2) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (3) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (4) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. (5) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5)

 

Mencari lailatul qadar

Hendaknya bersungguh-sungguh mencari lailatul qadar terutama di sepuluh terakhir bulan Ramadhan. Rasulullah bersabda,

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Terkhusus lagi di malam-malam ganjil seperti malam 21, 23, 25 dan seterusnya. Sebagaimana dalam hadits yang lainnya “Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan” (HR Bukhari). Namun, jangan hanya mencukupkan ibadah pada waktu-waktu itu saja. Hendaknya istiqomah ibadah pada waktu-waktu yang lainnya juga. Hanya Allah semata yang mengetahui kepastian lailatul qadar. Diantara hikmah Allah menyembunyikan kepastian jatuhnya lailatul qadar adalah agar kaum muslimin senantiasa bersemangat untuk beribadah. Hal ini seperti Allah menyamarkan waktu yang mustajab untuk berdo’a di hari Jum’at. Allahu A’lam. Disebutkan dalam beberapa hadits bahwa Rasulullah menerangkan tanda-tanda lailatul qadar. Diantaranya yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas:

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

“Lailatul qadar adalah malam yang mudah, cerah, tidak panas, tidak dingin, matahari terbit di pagi dengan sinar lemah (tidak terik), kemerah-merahan.” (HR Thayalisi, dishahihkan Albani)

 

Amalan lailatul qadar

Sudah semestinya seorang muslim bersemangat mencari lailatul qadar dan memperbanyak amalan padanya seperti sholat, membaca Al Qur’an, do’a, istighfar dan lainnya.  Amalan di malam ini dilipatgandakan pahalanya dengan sangat banyak. Beramal di malam ini lebih baik dari amalan seribu bulan!! Diantara amalan yang perlu diperhatikan adalah qiyamul lail. Rasulullah bersabda:

وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ القَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه

“Barangsiapa mendirikan malam lailatul qadar karena keimanan dan mengharap pahala maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari 2014)

Hendaknya memperbanyak dzikir dan doa. Salah satunya adalah do’a yang diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu anha, saat dia bertanya kepada Rasulullah tentang apa yang harus dia baca sekiranya bertepatan dengan malam lailatul qadar, Rasulullah menjawab, bacalah:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai maaf, maka maafkan aku).” (HR Tirmidzi. Shahih)

Semoga Allah memberi kita taufiq untuk dapat menggapai lailatul qadar. Amien.

 

Abu Zakariya Sutrisno. Riyadh, 1438H.

Info detail dan dokumentasi kajian KUI: http://ukhuwahislamiah.com/kui/

Join channel Telegram: telegram.me/ukhuwahislamiahcom

IG: ukhuwahislamiahcom

FB: https://www.facebook.com/ukhuwahislamiahcom

Materi spesial Insyaallah diposting tiap hari selama bulan Ramadhan. Silahkan dishare!