Ramadhan #16: Ramadhan bulan jihad (sungguh-sungguh)

0
28

Ramadhan adalah musim kebaikan yang harus dimanfaatkan dengan baik, jangan sampai disia-siakan. Bulan Ramadhan adalah bulan jihad (bersungguh-sungguh) bukan untuk bermalas-malasan. Jangan sampai menghabiskan hari-hari Ramadhan yang mulia hanya dengan tidur atau kegiatan yang kurang bermanfaat lainnya. Kita optimalkan Ramadhan ini untuk ibadah dan kegiatan yang bermanfaat lainnya.

Kalau kita lihat sirah, kita dapati Rasulullah dan juga para sahabat benar-benar bersungguh-sungguh dalam bulan Ramadhan baik untuk ibadah atau yang lainnya. Puasa tidak menjadi alasan untuk bersantai-santai. Bahkan tercatat dalam sejarah bahwa Rasulullah dan para sahabat melakukan beberapa kali jihad perang di bulan Ramadhan. Diantaranya adalah perang Badar yang terjadi di pertengahan bulan Ramadhan tahun 2 Hijriah dan juga Fathu Mekah di akhir Ramadhan 8 Hijriah.

Jihad memiliki makna yang luas, mulai dari jihad terhadap diri sendiri atau hawa nafsu (jihadun nafs) sampai jihad melawan orang-orang kafir (jihadul kuffar). Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

المجاهد من جاهد نفسه في طاعة الله

Yang disebut dengan mujahid (orang yang berjihad) adalah orang yang bersungguh-sungguh melawan nafsunya dalam ketaatan kepada Allah.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dll. Shahih)

Hadits ini dengan jelas menunjukkan bahwa jihad itu cangkupannya cukup luas, melawan hawa nafsu dalam ketaatan kepada Allah. Ketaatan kepada Allah bisa berupa menuntut ilmu, beramal, berdakwah, membantah orang-orang menyimpang, melawan orang-orang kafir dan yang lainnya.

Jihad bisa dengan harta, jiwa, bahkan juga bisa dengan lisan dan pikiran. Hendaknya kita mengoptimalkan seluruh potensi yang kita miliki untuk berjuang di jalan Allah. Allah berfirman,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُوْلَئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.” (QS Al Hujurat: 15)

Di bulan Ramadhan ini kita harus bersungguh-sungguh menjalankan apa-apa yang telah Allah syariatkan. Mulai dari puasa, qiyamul lail, qiraat al Qur’an, sedekah, dan amalan yang lainnya. Kita harus berupaya dan bersungguh-sungguh melakukan yang terbaik. Jangan sampai kalah dengan hawa nafsu dan kemalasan. Terutama ibadah puasa dan qiyamul lail karena dua ibadah ini adalah syiar utama di bulan Ramadhan. Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan ada dua jenis jihad melawan nafsu di bulan Ramadhan: (1) Jihad di siang hari dengan berpuasa dan (2) Jihad di malam hari dengan mendirikan shalat malam (lihat Lathoiful Ma’arif).

Dengan berlalunya hari-hari Ramadhan hendaknya kita semakin besemangat. Jangan malah sebaliknya, semakin loyo. Kita manfaatkan sisa Ramadhan yang ada. Apalagi menjelang akhir Ramadhan, memasukan sepuluh hari yang terakhir. Hendaknya kita benar-benar memanfaatkannya dengan baik. Rasulullah dahulu benar-benar mengoptimalkan sepuluh hari yang terakhir Ramadhan. Dalam hadits disebutkan, dari Aisyah radhiyallahu anha dia berkata:

كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ اَلْعَشْرُ -أَيْ: اَلْعَشْرُ اَلْأَخِيرُ مِنْ رَمَضَانَ- شَدَّ مِئْزَرَهُ, وَأَحْيَا لَيْلَهُ, وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau mengencangkan sarungnya, menghidupkan malamnya dan membangunkan istri-istrinya (untuk ibadah).” (HR. Bukhari 2024 dan Muslim 1174)

Semoga Allah selalu memberi kita taufiq dan semangat untuk bersungguh-sungguh di bulan Ramadhan yang mulia ini. Amien.

 

Abu Zakariya Sutrisno. Riyadh, 1438H.

Info detail dan dokumentasi kajian KUI: http://ukhuwahislamiah.com/kui/

Join channel Telegram: telegram.me/ukhuwahislamiahcom

IG: ukhuwahislamiahcom

FB: https://www.facebook.com/ukhuwahislamiahcom

Materi spesial Insyaallah diposting tiap hari selama bulan Ramadhan. Silahkan dishare!