Ramadhan #15: Menghidupkan Ramadhan bersama keluarga

0
22

Ramadhan adalah musim kebaikan, hendaknya kita bersemangat mengisinya dengan berbagai amal kebaikan. Selain itu hendaknya kita juga berusaha mengajak orang-orang yang terdekat kita terutama keluarga untuk menghidupkan Ramadhan.

Orang yang beriman tidak boleh “egois” dalam kebaikan. Dia tidak boleh sekedar memikirkan dirinya untuk melakukan kebaikan. Dia juga harus berusaha mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan dan menjauhi keburukan. Terutama orang-orang yang terdekat, baik itu anak, istri atau orang tua.

Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS Tahrim: 6)

Dalam ayat ini Allah memerintahkan kita untuk menjaga diri kita dan keluarga kita dari api neraka. Untuk menjaga diri kita dan keluarga kita dari api neraka maka kita harus mengajak mereka melakukan amal kebaikan dan juga meninggalkan keburukan. Kita ajak mereka untuk mendirikan sholat, zakat, puasa dan amalan kebaikan lainnya sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai apatis atau tidak peduli sama sekali jika ada dari anggota keluarga kita atau orang dekat kita lalai dari amal kebaikan atau terjatuh dalam sebuah kesalahan.

Dalam sebuah firmanNya, Allah memuji Nabi Isma’il karena beliau senantiasa mengajak keluarganya untuk sholat, zakat dan juga amalan kebaikan lainnya. Allah berfirman:

وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُ بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ وَكَانَ عِندَ رَبِّهِ مَرْضِيّاً

“Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya.” (QS Maryam: 55)

Mengajak atau memerintahkan keluarga untuk melakukan amal kebaikan mungkin tidak selalu mudah. Kita harus bersabar dan berusaha melakukan yang terbaik. Kita harus berusaha bersungguh-sungguh apalagi dalam ibadah yang sangat penting seperti sholat. Allah berfirman,

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا

Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.  (QS Thaha: 132)

Di bulan Ramadhan yang mulia ini mari kita berusaha ajak keluarga untuk menghidupkannya. Kita ajak dan ajari mereka untuk mengerjakan puasa, melakukan qiyamul lail, membaca al Qur’an dan amal-amal yang lainnya. Untuk memotivasi dan juga menghidupkan nuansa kebersaman maka kita bisa membuat program-program bersama keluarga kita seperti sahur dan buka puasa bareng, sholat taraweh, mengaji al Qur’an bareng dan lainnya. Anak-anak juga diajari untuk menunaikan puasa sesuai dengan kemampuan meskipun mereka belum baligh.  Hal ini untuk membiasakan untuk melakukan amal kebaikan.

Kita juga bisa ajak mereka untuk membuat hindangan buka puasa untuk dibagikan ke tetangga atau orang-orang terdekat. Tidak mengapa pula kita membuat kegiatan-kegiatan yang sifatnya mubah untuk lebih memeriahkan dan membuat bulan Ramadhan semakin berkesan seperti menghias rumah, membuat lomba keislaman sederhana untuk anggota keluarga dan lainnya. Kita juga bisa mengatur jadwal dan membagi tugas untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah agar masing-masing bisa mengoptimalkan waktu untuk beribadah dan amal kebaikan yang lainnya.

Semoga Allah memudahkan diri kita dan keluarga untuk melakukan amal kebaikan, terutama di bulan Ramadhan yang mulia ini. Amien.

Abu Zakariya Sutrisno. Riyadh, 1438H.

Info detail dan dokumentasi kajian KUI: http://ukhuwahislamiah.com/kui/

Join channel Telegram: telegram.me/ukhuwahislamiahcom

IG: ukhuwahislamiahcom

FB: https://www.facebook.com/ukhuwahislamiahcom

Materi spesial Insyaallah diposting tiap hari selama bulan Ramadhan. Silahkan dishare!