RAMADHAN #03: AMALAN-AMALAN DI BULAN RAMADHAN

1
162

Segala puji bagi Allah, sholawat dan salam atas Rasulullah.

Kaum muslimin rahimakumullah, bulan Ramadhan adalah musim kebaikan. Begitu banyak amalan atau ibadah yang mulia yang dapat kita kerjakan di bulan yang penuh berkah ini. Diantara amalan yang disyariatkan di bulan Ramadhan adalah:

Pertama:  Puasa

Bulan Ramadhan disebut juga syahru siyam (bulan puasa) karena diwajibkan di dalamnya puasa sebulan penuh. Puasa ramadhan termasuk salah satu rukun islam. Puasa ramadhan hukumnya wajib berdasar dalil-dalil dari Kitab dan Sunnah dan ijma’ kaum muslimin. Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS al Baqarah: 183)

Puasa memiliki begitu banyak manfaat baik untuk jasmani maupun rohani. Puasa Ramadhan memiliki begitu banyak keutamaan, diantaranya yang paling utama adalah menghapus dosa-dosa. Rasulullah bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Romadhon karena iman dan mengharap pahala dari Alloh maka diampuni dosanya yang telah berlalu.” (HR Bukhari 38, Muslim 760).

Kedua: Qiyamul lail atau shalat tarawih

Selain puasa ibadah lain yang disyariatkan di bulan Ramadhan adalah qiyamul lail atau sholat tarawih. Pahala qiyamul lail dibulan Ramadhan sangat mulia. Beliau bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berdiri (shalat) dibulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala maka diampuni dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari 37 dan Muslim 759).

Shalat tarawih termasuk shalat sunnah yang ditekankan (muakkadah), yang dikerjakan di bulan Ramadhan. Dinamakan shalat tarawih karena dahulu para sahabat duduk istirahat antara setiap empat rakaat,  karena mereka memanjangkan bacaan. Tidak ada masalah shalat tarawih dengan 11 reka’at, 23 rekaat atau bilangan yang lainnya. Yang penting dikerjakan dengan khusyuk dan sesuai dengan tuntunan.

Ketiga: Membaca al Qur’an

Membaca al-Qur`an sangat dianjurkan bagi setiap muslim di setiap waktu dan kesempatan. Dan membaca al-Qur`an lebih dianjurkan lagi pada bulan Ramadhan, karena pada bulan itulah diturunkan al-Qur`an. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil).” (QS. Al Baqarah: 185)

Ramadhan juga disebut syahrul Qur’an (bulan Al Qur’an). Dahulu Rasulullah memurajaah bacaan Al Qur’an dengan malaikat Jibril di setiap Ramadhan. Para salafus shalih banyak membaca dan mengkhatamkan al Qur’an di bulan Ramadhan. Diriwayatkan bahwa Imam Syafii rahimahullah pernah mengkhatamkan al Qur’an sebanyak 60 kali dalam satu bulan Ramadhan.

 

Keempat: Iktikaf

Allah berfirman,

ثُمَّ أَتِمُّواْ الصِّيَامَ إِلَى الَّليْلِ وَلاَ تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ

Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. (QS al Baqarah: 187)

Disunnahkan beriktikaf di bulan Ramadhan, apalagi disepuluh malam yang terakhir. Aisyah radhiyallahu anha berkata:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ يَعْتَكِفُ العَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ، ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ

Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam dahulu biasa beriktikaf di sepuluh terakhir Ramadhan sampai Allah mewafatkan beliau. Kemudian para istrinya juga beriktikaf setelahnya.” (HR Bukhari 2026 dan Muslim 1172)

 

Kelima: Shadaqah

Sedekah adalah salah satu amalan yang utama di bulan Ramadhan. Rasulullah telah memberi teladan dalam kedermawanan di bulan Ramadhan. Ibnu Abbas berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ المُرْسَلَةِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari 6)

 

Keenam: Umrah dibulan Ramadhan

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah melaksanakan ibadah umrah. Rasulullah menjelaskan bahwa nilai pahalanya sama dengan melaksanakan ibadah haji. Ibnu Abbas radhiallahu anhuma berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada seorang wanita dari kalangan Anshar:

فَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً

“Kalau bulan Ramadhan telah tiba, maka tunaikanlah umrah, sebab umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji.” (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1258)

Sekian diantara amalan yang disyariatkan di bulan Ramadhan. Semoga Allah memberi kita kemudahan untuk menjalankannya dengan sebaik-baiknya. Amien.

 

Abu Zakariya Sutrisno. Riyadh, 1438H.

Materi spesial Insyaallah dishare tiap hari selama bulan Ramadhan. Silahkan dishare!

Info detail dan dokumentasi kajian KUI: http://ukhuwahislamiah.com/kui/

Join channel Telegram: telegram.me/ukhuwahislamiahcom

IG: ukhuwahislamiahcom

FB: https://www.facebook.com/ukhuwahislamiahcom

 

  • Assalamu’alaikum
    Afwan ustadz
    Mau tanya apakah ada riwayat/dalil yg menganjurkan buka puasa dgn kurma jumlah yang nganjil?
    Jazakallahu khoir

    Jawab:
    Wa’alaikumsalam. Disunnahkan buka puasa dengan kurma sebagaimana dalam hadits Anas yg diriyawatkan oleh Abu Dawud dan lainnya.

    Tetapi apakah harus bilangan ganjil maka tidak ada keterangan9 dalam hal ini. Ada beberapa hadits tentang hal ini tetapi sangat lemah.

    Allahu a’lam.