Pertanyaan tentang surat al Fatihah

1
4841

Maaf, Ustad.

  1. Apabila kita masbuk dan tertinggal surah Al-Fatihah (sebagian atau seluruhnya), haruskah mengulang rakaat itu?
  2. Membaca amin setelah surah Al-Fatihah itu di dalam shalat saja atau di luar shalat juga?
  3. Berkenaan dengan hadits yang menjelaskan Allah menjawab bacaan Al-Fatihah kita di dalam shalat, bolehkah membacanya tidak diwaqafkan di setiap ayat.

Jawab:

  1. Masalah ini khilaf diatara para ulama’. Allahu A’lam saya cenderung pada pendapat yang mengatakan bahwa jika ada orang yang masbuk tetapi masih mendapatkan rukuk bersama imam maka dia mendapatkan rekaat tersebut. Ini adalah pendapat jumhur ulama’ dan didasari atas beberapa dalil. Diantaranya adalah sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

إِذَا جِئْتُمْ إِلَى الصَّلاَةِ وَنَحْنُ سُجُودٌ فَاسْجُدُوا وَلاَ تَعُدُّوهَا شَيْئًا وَمَنْ أَدْرَكَ الرَّكْعَةَ فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلاَةَ

“Jika salah seorang di antara kalian pergi shalat dan kami sedang sujud, maka ikutlah sujud. Namun tidak dianggap sama sekali mendapat satu raka’at. Siapa yang mendapatkan satu raka’at, maka berarti ia mendapati shalat.” (HR. Abu Daud no. 893 dishahihkan Albani)

  1. Amien artinya adalah “Ya Allah kabulkanlah”. Membacanya setelah surat Al Fatihah adalah sunnah baik di dalam sholat maupun di luar sholat. Hanya di dalam sholat lebih ditekankan. Lihat penjelasan Ibnu Katsir dalam tafsirnya di akhir pembahasan surat Al Fatihah.
  2. Membaca surat Al Fatihah hendaknya berhenti pada tiap ayat karena demikianlah Rasulullah membacanya. Adapun jika disambung maka tidak mengapa karena membaca dengan berhenti bukan menjadi suatu kewajiban. Lihat penjelasan syaikh Muhammad Al Utsaimin dalam Syarhul Mumti’ (3/65).

Allahu A’lam.

Tanya Jawab Group WA Ukhuwahislamiah.com

Ust Abu Zakariya Sutrisno, M.Sc

SHARE
Previous articleHari Jum’at, Jangan Lupa Baca Surat Al Kahfi
Next articleMASALAH ISBAL
Beliau saat ini adalah kandidat Doktor sekaligus peneliti di King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Beliau juga belajar kepada beberapa ulama’ diantaranya Syaikh Dr. Saleh Fauzan dan Dr Sa’ad Syistry. Selain itu beliau juga merintis Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir di Sukoharjo (Solo) Jawa Tengah.
  • Muh Jufriadi

    Assalamualaikum.. Mohon petunjuk rekan2 sekalian.. Al fatihah adalah wahyu ALLAH SWT.. brarti murni perkataan ALLAH SWT.. saya ditanya sama tmn non-muslim, katanya ” klo benar Al-Qur’an adalah mrni semua wahyu ALLAH SWT knp ada al fatihah di al Qur’an? Trus arti dari IHDINASSIROTOLMUSTAQIM = tunjukkanlah kami jalan yg lurus. Itu berarti ALLAH SWT meminta petunjuk.. ” apakah kalimat itu benar perkataan ALLAH SWT ? (Kata tmn saya) .
    ada yg bisa menjelaskan..? Mohon bimbingan.. Wassalam..