Nasehat Bagi Generasi Muda Islam-Syaikh Syatsri [video]

0
666

Kajian ”Nasehat Bagi Generasi Muda Islam” oleh Syaikh Dr. Sa’ad bin Nashir Asy-Syatsri hafidzahullah. Penerjemah: Ustadz Arif Syarifudin, Lc. Kajian dilaksanakan di masjid Islamic Centre Bin Baz (ICBB) , Piyungan, Bantul, Yogyakarta pada 27 Juni 2013 : https://www.youtube.com/watch?v=3fWrZG4aAaw

 

Ringkasan Materi Beliau:

Beliau memulai tausiah beliau dengan pujian kepada Allah lalu do’a agar hadirin (para remaja) agar dapat menjadi sebab kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain.

Orang-orang yang memiliki peran atau jasa  yang besar dalam masyarakat (baik ulama’ atau pemimpin) dahulunya juga seorang pemuda biasa. Namun mereka berusaha untuk melakukan yang terbaik.

Cara untuk menggapai kesuksesan, baik dunia maupun akhirat adalah sebagai berikut:

  1. Ikhlash. Contoh dalam mempelajari al Qur’an niatnya jangan hanya sekedar menjadi siswa terbaik. Hendaknya kita niatkan untuk mencari ridha Allah dan mendapatkan pahala disisiNya.
  2. Menjaga waktu dan bersemangat pada hal-hal yang bermanfaat.
  3. Perbanyak do’a. Seperti saat sujud, berdo’alah agar dapat menghafal qur’an , agar dimudahkan belajar dan lainnya.  “Dan Allah berfirman: “Berdoalah (langsung) kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan” (QS. Al Mu’min: 60)
  4. Meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti membicarakan berita-berita yang tidak ada faedahnya.
  5. Meninggalkan maksiat dan menjaga anggota tubuh kita dari hal tersebut. Hendaknya menjaga pendengaran, pandangan, lidah dan kedua tangan kita untuk selalu diatas ketaatan padaNya. Jangan memandang hal-hal yang haram, Rasulullah bersabda ”Pandangan itu adalah panah beracun iblis…
  6. Bertawakal kepada Allah dan milikilah cita-cita yang tinggi. Jangan merasa lemah karena sesungguhnya Allah maha Mampu atas segala sesuatu.

Abu Zakariya Sutrisno. Riyadh, 28 Oktober 2013.