MINTA MAAF ORANG YG DIDZOLIMI

0
416

Assalamu’alaikum… Tanya pak ustad… Bagaimanakah hukumnya dengan mendzolimi seseorang tapi sudah memohon ampun dengan Allah… Tapi tidak meminta maaf terhadap orang yg di zolimi apakah dosa bisa tertebus?

Jawab:

Wa’alaikumsalam,

Jika seseorang melakukan kesalahan atau berbuat dzolim pada orang lain maka wajib baginya bertaubat kepada Allah dan juga minta maaf kepada orang yang didzolimi. Tidak cukup hanya taubat (minta maaf) pada Allah. Beda dengan dosa yang dia lakukan terkait hubungannya dengan Allah maka cukup taubat. Dalam sebuat hadits, Rasulullah bersabda:

“Siapa yang merasa pernah berbuat aniaya kepada saudaranya, baik berupa kehormatan badan dan harta atau lain-lainnya, hendaknya segera meminta halal dan maafnya sekarang juga, sebelum datang suatu hari yang tiada manfaatnya harta dan dinar atau dirham. Jika ia punya amal shalih, akan diambil menurut penganiayaannya, dan jika tidak mempunyai hasanat (kebaikan), maka diambilkan dari kejahatan orang yang dianiaya untuk ditanggungkan kepadanya.” (HR Bukhori dan Muslim). Allahu a’lam.

(Dr. Abu Zakariya Sutrisno)

📲 Tanya Jawab Group WA Ukhuwahislamiah.com (085771226506)