MENYIKAPI TETANGGA SOMBONG

0
91

Assalamu alaykum ..ustadz bagaimana baiknya menyikapi tetangga baru yg kaya tp sombong lewat mpun mereka sama sekali tidak mau menegur sapa …apakah jika kita lewat didepan mereka kita jg ndk perlu menyapanya ?? Syukron

 

Jawab:

Wa’alaikumsalam, Islam mengajarkan kita untuk memuliakan tetangga. Disebutkan dalam hadits,

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia memuliakan tetangganya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dhohir dari hadits ini adalah perintah untuk memuliakan tetangga, siapapun dia. Baik muslim atau kafir, miskin atau kaya, orangnya baik atau buruk dan seterusnya. Jika ada tetangga yang sombong dan tidak mau menyapa kita maka hendaknya disikapi dengan baik. Hendaknya tetap berusaha menyapa dan melakukan yang terbaik. Insyaallah akan ada perubahan. Dan meskipun dia terus sombong dan tidak mengubah sikapnya itu pun bukan menjadi salah kita, dia sendiri yang dosa.

Selain itu, perlu difahami bahwa saat kita terus berusaha bersikap baik itu bukan berarti menunjukkan kita lemah atau rendah. Bukan! Itu menunjukkan jiwa yang besar. Orang yang berjiwa besar bukan sekedar orang yang membalas kebaikan. Orang yang berjiwa besar adalah orang yang berusaha melakukan yang terbaik bagaimanapun kondisi orang lain. Allahu A’lam.


Tanya Jawab WA Ukhuwahislamiah.com