MEMBUNUH CICAK

0
82

Bismillah, Mau tanya ustadz, bolehkah membunuh cicak didalam kamar mandi.nuwun. Jazakallahu khoiron

Jawab:

Disebutkan dalam beberapa hadits shahih bahwa Rasulullah memerintahkan untuk membunuh cicak dan bahkan beliau juga menegaskan bahwa hal itu berpahala. Diantaranya dalam hadits Sa’ad bin Abi Waqqosh,

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- أَمَرَ بِقَتْلِ الْوَزَغِ وَسَمَّاهُ فُوَيْسِقًا

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak/tokek, beliau menyebut hewan ini dengan hewan fuwaisiqah (fasik kecil).” (HR. Muslim, no. 2238)

Mungkin ada yang bertanya kenapa diperintahkan dibunuh padahal tidak berbahaya? Pertama perlu difahami bahwa bagi seorang muslim jika telah jelas ada perintah dari Allah dan RasulNya maka kerjakan perintah tersebut. Meskipun mungkin kita tidak mengetahui hikmahnya. Allah yang lebih mengetahui hikmah atas segala sesuatu.

Dikatakan sebagian ulama’ bahwa cicak dan tokek diperintahkan dibunuh karena termasuk hewan yang fasik. Sebagaiamana juga disebutkan dalam hadits diatas. Disebutkan dalam hadits yang lainnya juga bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dahulu cicak ikut membantu meniup api (untuk membakar) Ibrahim ‘alaihis salam.” (HR. Bukhari, no. 3359)

Bahkan kalau kita perhatikan cicak dan tokek juga menyebabkan kotoran dan membuang kotoran di mana-mana. Bisa jadi kotoran ini membawa penyakit dan lainnya. Allahu A’lam.


Tanya Jawab WA Ukhuwahislamiah.com