KUI14a – Kasyfu Syubuhat

0
76

Kajian perdana membahas kitab Kasyfu Syubuhat yang disusun oleh Syaikh Muhammad At Tamimi. Kitab ini secara umum berisi bantahan terhadap agumentasi-argumentasi orang-orang yang menentang tauhid dan terjerumus dalam kesyirikan.

Rekaman audio kajian: https://goo.gl/ocETTP  ( 31 menit, 16 MB).

Pada kajian perdana ini kita sampaikan secara umum isi dari kitab ini. Kemudian dibahas poin-poin penting yang mua’lif (penulis kitab) sampaikan pada muqadimah, yang isinya antara lain:

  • Tauhid itu mengesakan Allah dalam ibadah, menyembah pada Allah semata. Tidak boleh mensekutukan Allah dalam ibadah.
  • Agama dan dakwah seluruh Rosul (mulai dari Nabi Nuh sampai Nabi Muhammad) itu sama. Yaitu mengajak pada tauhid, untuk menyembah Allah semata.
  • Orang-orang musyrik secara umum menetapkan tauhid rububiyah (meyakini Allah sebagai satu-satunya pencipta, pemberi rizki, dll) tetapi mengingkari tauhid uluhiyah.
  • Tauhid rububiyah saja tidak cukup memasukkan seseorang masuk Islam sampai mereka menetapkan tauhid uluhiyah (beribadah hanya kepada Allah semata).
  • Banyak orang terjerumus pada kesyirikan karena tidak faham hakekat tauhid dan kesyirikan. Bahkan sebagian orang yang mengaku muslim tetapi tidak faham apa itu tauhid, tidak faham makna kalimat “la ilaha illallah”.
  • Dua faedah penting kalau kita memahami hal-hal ini: (1) bahagia dengan hidayah yang diberikan Allah untuk memahami dan mengamalkan tauhid yang benar, dan (2) takut terjerumus pada kesyirikan.

Materi kajian Kitab Kasyfu Syubuhat: https://d1.islamhouse.com/data/id/ih_books/single/id_kashf_alshubuhat.doc

Semoga kajian ini bermanfaat.

 

Pemateri: Abu Zakariya Sutrisno, M.Sc

——

✅ Info detail dan dokumentasi kajian KUI: http://ukhuwahislamiah.com/kui/

✅ Join channel Telegram: telegram.me/ukhuwahislamiahcom

✅ IG: ukhuwahislamiahcom

✅ FB: https://www.facebook.com/ukhuwahislamiahcom