HUKUM MEMBERI ORANG YANG MEMINTA-MINTA

0
75
Assalaamualaikum..
Ustadz.1. bagaimana sikap kita terhadap org yg sllu meminta2 dan itu mnjadi pekerjaannya?apa kita harus mmberi terus,shigga dia terus meminta2/bgaimana?
2.bagaimana juga hukum memberi uang pada pengamen?
Syukron jazaakallahu khairan.
 
Jawab:
Wa’alaikumsalam.
Untuk soal pertama, islam memerintahkan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Namun, Islam juga melarang seseorang untuk meminta-minta padahal dia tidak membutuhkan. Dia meminta-minta karena malas berusaha atau karena ini memperkaya diri dengan hal itu.
 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ سَأَلَ النَّاسَ أَمْوَالَهُمْ تَكَثُّرًا، فَإِنَّمَا يَسْأَلُ جَمْرًا فَلْيَسْتَقِلَّ أَوْ لِيَسْتَكْثِرْ
“Barangsiapa meminta harta benda kepada orang lain dengan tujuan memperbanyak (kekayaan), maka sebenarnya dia meminta bara api, oleh karena itu terserah kepadanya mau memperoleh sedikit atau memperoleh banyaknya.” (HR. Muslim: 1041)
 
Oleh karena itu jika ada orang yang meminta-minta terus maka jangan diberi. Kalau bisa nasehati agar berhenti dari kebiasaan buruk tersebut.
 
Untuk soal kedua, jika memang pengamen itu adalah orang yang malas dan sekedar ingin meminta-minta pada orang lain maka tidak boleh memberinya. Apalagi jika keberadaannya juga membuat gerah atau tidak nyaman masyarakat. Allahu A’lam.
Tanya Jawab WA Ukhuwahislamiah.com