HUKUM BONEKA

0
141

Assalamualaikum… Mau tanya uztadz.. Bgmn hukum boneka? Apakah juga merupakan penyebab malaikat tdk mau masuk kerumah?

Jawab:

Wa’alaikumsalam.  Ulama berbeda pendapat tentang masalah boneka. Jumhur ulama berpendapat boneka hukumnya mubah atau boleh. Diantara dalil mereka adalah hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:

كُنْتُ أَلْعَبُ بِالْبَنَاتِ عِنْدَ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – وَكَانَ لِى صَوَاحِبُ يَلْعَبْنَ مَعِى ، فَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ يَتَقَمَّعْنَ مِنْهُ ، فَيُسَرِّبُهُنَّ إِلَىَّ فَيَلْعَبْنَ مَعِى

“Dulu aku pernah bermain boneka di sisi Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam. Aku memiliki beberapa sahabat yang biasa bermain bersamaku. Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam masuk dalam rumah, mereka pun bersembunyi dari beliau. Lalu beliau menyerahkan mainan padaku satu demi satu lantas mereka pun bermain bersamaku.” (HR. Bukhari no. 6130)

Malaikat tidak akan masuk rumah yang ada anjingnya atau ada gambar benyawa. Sebagaimana disebutkan dalam hadits:

لاَ تَدْخُلُ الْمَلاَئِكَةُ بَيْتًا فِيْهِ كَلْبٌ وَلاَ صُوْرَةٌ

“Malaikat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar yang bernyawa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun tentang boneka maka tidak ada dalil yang menyatakan bahwa malaikat tidak akan masuk rumah karenanya. Bahkan saat Rasulullah tidak melarang Aisyah bermain dan juga menyimpan boneka ini mengisyaratkan bahwa hal itu tidak menghalangi malaikat masuk rumah. Kalau menghalangi tentu Rasulullah melarang bermain atau menyimpan boneka. Allahu A’lam.


Tanya Jawab WA Ukhuwahislamiah.com