HUKUM BERSEDEKAP SAAT SHOLAT

0
878

HUKUM BERSEDEKAP DALAM SHOLAT

Assalamualaikum ustadz, mohon bertanya..

Apa benar orang yg sholat tdk bersedekap itu mengikuti madzhab Maliki..??

 

Jawab:

Wa’alaikumsalam. Bersedekap dalam sholat adalah hal yang disyariatkan. Bahkan perintah untuk bersedekap (meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri) ini disebutkan dalam hadits shahih. Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu:

كان الناسُ يؤمَرون أن يضَع الرجلُ اليدَ اليُمنى على ذِراعِه اليُسرى في الصلاةِ

“Dahulu orang-orang diperintahkan untuk meletakkan tangan kanan di atas lengan kirinya ketika shalat” (HR. Bukhari no. 740)

Para ulama’ menjelaskan bahwa bersedekap dalam sholat adalah sunnah, tidak sampai wajib. Adapun riwayat bahwa imam Malik memakruhkan bersedekap dalam sholat maka ini perlu dilihat kembali. Dalam riwayat yang lainnya beliau menyatakan disunnahkan. Bahkan dalam kitab beliau yang terkenal, kitab Al Muwatha, beliau membuat bab dengan judul:

باب وضع اليدين إحداهما على الأخرى في الصلاة

“Bab: Meletakkan kedua tangan, yang satu di atas yang lain ketika shalat”

Kemudian beliau membawakan hadits-hadits tentang hal itu. Diantara hadits yang beliau bawakan adalah hadits Sahl bin Sa’ad diatas dan juga hadits Abdulkarim bin Abi AlMukhariq al Bashri:

مِنْ كَلَامِ النُّبُوَّةِ إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ فَافْعَلْ مَا شِئْتَ، وَوَضْعُ الْيَدَيْنِ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى فِي الصَّلَاةِ، يَضَعُ الْيُمْنَى عَلَى الْيُسْرَى وَتَعْجِيلُ الْفِطْرِ وَالِاسْتِينَاءُ بِالسَّحُورِ
“Diantara perkataan Nubuwah adalah: jika kamu tidak punya malu maka kerjakan apa yang kamu mau, dan meletakkan tangan satu diatas yang lainnya dalam sholat, meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri, mensegerakan berbuka dan memepetkan (mengakhirkan) sahur”

Allahu A’lam.


Tanya Jawab WA Ukhuwahislamiah.com