Hati-hati sekedar pandai bicara!

0
61

Dengan adanya internet dan sarana komunikasi lainnya mudah sekali seseorang menyebarkan ucapan dan pemikirannya. Banyak sekali orang-orang yang ‘kelihatan pintar’ padahal tidak memiliki ilmu sama sekali.

 

Berhati-hatilah! Jangan sampai kita tertipu dengan orang-orang yang hanya pandai bicara. Bisa jadi dia mengajak pada penyimpangan atau kesesatan. Atau setidaknya dia menyampaikan sesuatu yang tidak dilandasi ilmu kemudian hal itu membekas di hati atau mempengaruhi pikiran kita.

 

Rasulullah bersabda,

يأتي في آخِرِ الزمانِ قومٌ ، حُدَثاءُ الأسنانِ ، سُفَهاءُ الأحلامِ ، يقولونَ مِن خيرِ قولِ البريةِ ، يمرُقونَ منَ الإسلامِ كما يمرُقُ السهمُ منَ الرميةِ ، لا يُجاوِزُ إيمانُهم حناجرَهم

 

“Akan datang di akhir zaman suatu kaum yang muda usianya dan bodoh akalnya berbicara dengan sebaik-baik ucapan manusia. Mereka keluar dari agama sebagaimana anak panah melesat dari busurnya. Iman mereka tidak melewati kerongkongan mereka …” [HR Bukhari]

SHARE
Previous articleKematian, Sebuah Keniscayaan…
Next articleAdab Nasihat
Beliau saat ini adalah kandidat Doktor sekaligus peneliti di King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Beliau juga belajar kepada beberapa ulama’ diantaranya Syaikh Dr. Saleh Fauzan dan Dr Sa’ad Syistry. Selain itu beliau juga merintis Pesantren Masyarakat Hubbul Khoir di Sukoharjo (Solo) Jawa Tengah.