FAEDAH KHUTBAH: ADIL TERHADAP ANAK

0
372

Allah memerintahkan hambaNya untuk selalu bersikap adil dalam segala hal. Termasuk juga dalam bermuammalah terhadap anak. Hendaknya berlaku adil terhadap mereka baik dalam kasih sayang, perhatian, pemberian dan lainnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

فَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْدِلُوا بَيْنَ أَوْلَادِكُمْ

“Bertakwalah kalian kepada Allah dan berlaku adillah kalian di antara anakmu.” (HR. Bukhari no. 2587 dan Muslim no. 1623)

Rasulullah pernah menegur atau mengingkari seorang sabahat yang memberikan suatu pemberian kepada salah satu anaknya dan tidak memberi yang lain. Diriwayatkan dari Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhu bahwa suatu hari  ayahnya mengajaknya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, ayahnya berkata: ”Sesungguhnya aku telah memberikan kepada putraku ini seorang budak”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya : Apakah setiap anakmu juga engkau beri hal yang sama? ia menjawab :”Tidak!” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Kembalikanlah (budak itu)” (HR. Bukhari)

Jangan sampai pilih kasih terhadap anak terutama dalam pemberian karena itu dapat menimbulkan rasa iri bahkan permusuhan diantara mereka. Hendaknya adil dalam memberikan hadiah atau yang lainnya kepada anak, jangan pilih-pilih.

Faedah Khutbah Syaikh Dr Zamil al Khalaf. Riyadh, 11/4/1439H.

Ukhuwahislamiah.com