CARA DUDUK SHOLAT DUA REKAAT

0
360

Assalamu’alaikum warohmatullaah wabarakatuh ustadz hafizhokallahu. ingin bertanya kapan kah disyariatkan duduk tawarruk ustadz soalnya pernah baca duduk tawarruk itu dilakukan jika hanya tasyahud nya lbh dari 2, dilakukan pada semua solat wajib kecuali shubuh, brrt jika solat sunnah jg duduk iftirosy di tasyahud akhirnya ya ustadz?

Jawab:

Wa’alaikumsalam. Masalah cara duduk tasyahud dalam sholat ini masalah khilafiyah, terjadi perbedaan pendapat di dalamnya. Bahkan imam madzhab yang empat semua memiliki pendapat yang berbeda. Imam Abu Hanifah mengatakan selalu Iftirasy, imam Malik mengatakan selalu tawaruk, Imam Syafii mengatakan setiap akhir dari sholat maka duduknya tawaruk, sedang imam Ahmad mengatakan tawaruk hanya ada dalam sholat yang memiliki dua tasyahud. Saya sendiri saat ini masih cenderung dengan pendapat Imam Ahmad. Sholat yang hanya memiliki satu tasyahud seperti sholat subuh, Jum’at, sholat sunnah dua rekaat maka tasyahudnya adalah dengan iftirasy.

Perlu diketahui terjadinya perbedaan pendapat dalam masalah ini karena memang dalil-dalilnya tidak pasti sehingga para ulama’ berijtihad. Perlu diketahui juga bahwa ini hanyalah masalah afdholiyah (keutamaan), insyaallah semua cara duduk itu sah dilakukan. Maka tidak perlu kemudian kita terlalu ngotot atau berlebihan dalam masalah khilafiyah. Allahu A’lam. (Dr. Abu Zakariya Sutrisno)

📲 Tanya Jawab Group WA Ukhuwahislamiah.com (085771226506)