BUKAN LULUSAN PONDOK, PANTASKAH AKU BERDAKWAH?

0
749
Assalamu’alaikum ustad mau tanya bagaimana hukumnya. Bagi orang yang menyampaikan ilmu tapi bukan lulusan pondok seperti saya. Hanya mengikuti pengajian umum. Padahal selama ini sudah melakukan dikampung kami. Akhir2 ini hati saya ragu takut kalau yg aku lakukan suatu dosa padahal jamaah banyak. Mohn pencerahan nya. Mtr nwn.
 
Jawab:
Wa’alaikumsalam. Menyampaikan ilmu dan berdakwah adalah tugas setiap muslim, tidak khusus bagi ustadz atau lulusan pondok.
 
Setiap muslim hendaknya berdakwah sesuai dengan kemampuannya, meskipun hanya sekedar menyampaikan satu ayat. Rasulullah bersabda,
 
بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً
 
“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)
 
Meskipun sedikit atau sederhana yg disampaikan tetapi hendaknya dipastikan bahwa yg disampaikan itu benar, sesuai dengan dalil. Jangan bicara kesana kemari tetapi tidak dilandasi dengan dalil. Hendaknya hati-hati.
 
Jadi yg menjadi patokan adalah dalil dan ilmu yg dimiliki, bukan sekedar ia lulusan pondok atau bukan. Betapa banyak juga orang yg lulusan pondok tetapi ternyata malah tidak faham agama yg benar dan sering menyampaikan kepada masyarakat sesuai yg tidak sesuai syariat.
 
Setiap muslim harus berusaha terus semangat mencari ilmu, mengamalkan dan kemudian mendakwahkannya. Masyarakat butuh dakwah, kalau semua merasa tidak pantas berdakwah, lalu siapa yg akan mendakwahi mereka. Bisa jadi malah orang-orang yg tidak benar pemahamannya yg akan tampil.
 
Semoga Allah memberi kita keistiqomahan dalam dakwah. Berdakwah atau menyeru kepada Allah adalah jalan hidup Rasulullah dan juga orang-orang yang mengikuti beliau. Allah berfirman,
 
قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ
 
وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ
 
“Katakanlah: Inilah jalanku. Aku dan orang-orang yang mengikutiku menyeru kepada Allah dengan keterangan yang nyata. Maha Suci Allah dan aku tidak termasuk orang-orang yang musyrik.” (QS. Yusuf: 108)
 
Tanya jawab WA Ukhuwahislamiah.com