Agar Anak Mau ke Masjid

0
479

AGAR ANAK MAU KE MASJID

Assalamu’alaikum pak ustad apa bacaan supaya anak saya kalau dengar adzan terus sholat dan ke masjid?

Jawab:

Wa’alaikumsalam. Tidak ada bacaan khusus, tetapi hendaknya banyak berdoa kepada Allah. Berdo’a agar diri kita dan juga anak keturunan kita menjadi orang yang menjaga dan mendirikan sholat. Salah satunya teladani do’a Nabi Ibrahim ‘alaihisallam berikut:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40)

Banyak baca doa ini baik di dalam sholat maupun di luar sholat. Selain banyak do’a hendaknya orang tua memberi contoh untuk menjaga sholat. Ayah memberi contoh dan mengajak anak untuk sholat ke masjid. Jika masih anak-anak maka boleh diberi hadiah atau apresiasi (dipuji) agar rajin ke masjid. Jika anak laki-laki dan sudah besar maka perlu ditegur dengan tegas agar ikut sholat berjamaah di masjid.  Perlu dijelaskan bagi laki-laki disyariatkan sholat berjamaah di masjid.

Perlu difahami bahwa tugas kita hanya berusaha dan melakukan yang terbaik. Hidayah ditangan Allah. Hendaknya terus berusaha dan jangan putus asa. Insyaallah Allah memberikan balasan yang terbaik.

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقاً نَّحْنُ نَرْزُقُكَ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَى

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.” (QS. Thaha: 132)


Tanya Jawab WA Ukhuwahislamiah.com